MY INTEREST VIDEO

Tuesday 10 April 2012

Animator Indonesia, Inspirasi kita

Setelah ngebaca artikel 'Animator Indonesia tembus Hollywood lewat Tintin' 
http://www.voaindonesia.com/content/rinisugiantoanimatorfilmtintin-135251908/102409.htmlSaya jadi takjub banget ama Pemudi Indonesia satu ini, Ibu Rini Sugianto. Beliau lah yang paling banyak mengambil alih pembuatan film Tintin ini, beliau membuat sebanyak 70 shots !. Wow

Jujur, saya bener bener bangga dengan prestasi bangsa Indonesia akhir-akhir ini. Menurut Ibu Rini,Menggarap film yang memiliki tokoh terkenal seperti Tintin memiliki tantangan tersendiri. “Yang paling besar, adalah karena komiknya itu udah terkenal. Jadi orang-orang sudah familiar sama karakternya. Kita nggak bisa sembarangan mengubah ceritanya atau mengubah terlalu jauh dari aslinya,” 




Pesan Rini terutama kepada sesama animator adalah untuk tidak pernah putus asa dalam menggapai cita-cita. “Never give up. Kalau memang ada perusahaan yang animator-animator Indonesian mau tembus, pelajarin tipe animasi mereka dan buat animasi yang seperti tipe yang mereka kerjakan. Lama-lama akan terbuka peluangnya.” Kata Ibu Rini.

Saya jadi terinspirasi dengan banyaknya inovator muda Indonesia seperti Bu Rini. Saya jadi kepincut buat belajar Animasi, akhirnya, saya putuskan buat Download Macromedia Flash 8, software yag biasa dipakai orang untuk membuat animasi.


Pertama-tama, saya sih belajar ke teteh saya di rumah, yah namanya belajar pasti belum mengerti. Akhirnya, saya putuskan buat belajar ke Teman teman di sekolah, Lah lumayan lah mengerti dikit Basic-basic menu di Ms Flash 8.

Saya sih berpikir, hebat juga yah kalau saya bisa bikin animasi sehebat ' Shrek' atau 'Tintin'. Mmm, jangan berharap terlalu dulu. akhirnya saya buka internet, lihat lihat Blog yang memuat cara membuat animasi GIF yang masih sederhana.

Dan, Alhamdulillah! saya sekarang bisa, meskipun cuma Animasi GIF, saya bangga banget. Ini Impian saya sejak SD. Saya bagi ilmu itu kepada temen-temen saya yang belum mengerti tentang Animasi. Mereka cukup mengappreciate dengan hasil karya saya. Bahkan, saya memakai beberapa animasi saya untuk Tugas Presentasi di Sekolah. Oh iya, mau tau beberapa animasi karya saya? ini dia !


Saya juga sempat mem-post Tulisan tentang cara membuat Animasi GIF di Blog saya ini. Yah, meskipun animasi saya baru sekedar seperti yang diatas, Tapi, mungkin aja bisa menjadi Batu Loncatan buat saya :)

Wassalam

8 comments:

  1. wihh...

    hahaha.. :D
    animasi domba jatuhnya nya keren min.. :D

    jadi pengen belajar. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, makasih

      hayu atuh, nnti belajar :D

      Delete
  2. meskipun sederhana tapi cukup menghibur

    jadi ingin buat juga nie:D

    ReplyDelete
  3. Semoga akan ada banyak lagi animator Indonesia. Semoga sukses ya. Mohon beri komentar pada tulisanku yang ini ya - Indonesia mendunia lewat Gamelan dan juga yang ini - Memanusiawikan Lingkungan Sungai Ciliwung dan Sekitarnya

    ReplyDelete