MY INTEREST VIDEO

Thursday 26 February 2015

Exclusive Review : Beyonce vs Beck


Hello everyone. How’s your day? I hope you had a good day.

Masih inget ama kejadian di 57th Grammy Awards kemaren? Ada satu kejadian heboh yang mengguncang panggung lodan, Pemenang Album of the Year. Jadi, ceritanya gini. Kan tuh diumumin tuh nominasi album of the year ama Prince, nominasinya :


Beyonce – Beyonce

Morning Phase – Beck

GIRL – Pharrell

X – Ed Sheeran

In the Lonely Hour – Sam Smith

Well, diliat dari nominasinya.. orang-orang atau lebih tepatnya penikmat musik jaman sekarang sih nebak yang menang Beyonce. Eh, tapi pas hari H nya, Jeng jeng jeng jeng.... the winner is BECK ! with the album Morning Phase. Dan semua orang termasuk penonton dahsyat juga pada kaget. Beyonce, yang udah pede duluan, menyikapi dengan professional n dia tetep kasih applause ke Beck. Tapi, lagi2 datang tak dijemput pulang tak diantar dan naek ke atas panggung kalo bukan siapa lagi... Kanye West. Yep! Setelah insiden dulu ama Taylor Swift, skrg dia nyerang Beck juga pas mau take a winning speech. Tapi untungnya Kanye cuma bercanda n langsung duduk manis. Penonton, Beyonce, Jay-Z, sampe bibir seksinya Jay Z ikut ketawa juga. Insiden menangnya Beck ini banyak yg gak terima Beck menang, termasuk mas Kanye West.
 
Loh ngapain keatas panggung pak?


Loh bapak kenapa turun? kecepirit tah pak?
Yaelah ngapain sih?
Sebenernye, Apa sih Kelebihan album Morning Phase ? trus apa pulak juga kelebihan album Beyonce yang katanya lebih pantes menang? Mending kita simak aja yukkk..



1. Artwork and Packaging
 

Beyonce. Gapake titik koma ijem. Iya, di cover album Beyonce cuma ada tulisan ‘Beyonce’ warna ungu background item. Simple. Iya tapi gituuu deh. Abang abang potokopian yang ada di kampus saya juga bisa bikin kaya gitu ;_;. Tapi, yang saya suka dari cover albumnya itu cuma satu, Simpel.

Beda lagi ama Beck. Cover albumnya lebih berwarna. Including foto muka Beck pake topi kaya topi bebegig sawah (?), trus ada cahaya gitu. Suka banget. Cocok ama judul albumnya. Dan kerasa banget feel morningnya itu.


2. Songs Material
Ada 14 lagu di album Beyonce dan poin plusnya, ditambah 17 music video!. What? Iya, jadi 12 lagu di Beyonce punya video sendiri, 2 lagu punya 2 video sendiri + bonus music video. Kebayang kan pengorbanan Beyonce kaya gimana? Itu uang produksinya mendingan dibayar buat uang semesteran n uang kosan saya T.T. Lagu2 di album ini masih berkisar R&B dan Hip-Hop with influences of pop and electronic. Yah, tema2 lagunya sih gajauh dari cinta dan seks J. Tapi setiap tema2 lagu2nya lucu. Ada yang tentang *maaf* Blowjob -_-, mabok di dapur bareng suami, tentang “roket”, cemburu, have sex di mobil -_-, ada juga lagu buat anaknya yang judulnya ‘Blue’ yang juga featuring suara anaknya doang sedikit.



Overall, lagu2 di album Beyonce unik. Strong-material, experimental juga dan banyak potensial hits. Cocok banget deh buat abg abg jaman skrg. Bukan cabe2an yang sering nongkrong juga tentunya. Lagu2 yang enak menurut saya Pretty Hurts, Jealous, XO, Blow and Rocket.


Ada 13 lagu di album Morning Phase. Overall, semua lagunya berkisar folk-rock dan alternative with influences of country music. Semua lagunya berkisar kisah cinta juga. Buat abg jaman sekarang pasti mereka bakal bilang album ini boring kaya nonton turnamen catur. Tapi, buat penikmat musik acoustic atau musik2 yang calmy cocok banget!. Semua lagunya bikin tenang, pengantar tidur juga oke, atau musik tenang buat pagi2 atau mungkin musik pengiring minum kopi dan bandrek pas ujan2 sore juga oke banget.


Overall, lagu2 di album Beck good. Tapi, banyak lagu yang stylenya sama aja and banyak banget lagu lagu ‘fillernya’. But, buat yang suka musik akustik album ini oke. Lagu2 yang enak menurut saya Morning, Heart is a Drum, Blue Moon.


3. Production and Songwriting (thanks Buzzfeed for the picture!)


Untuk urusan produksi di album Beyonce heboh banget n rame kaya sukuran rumah baru. She’s handling it with many producer. Ammo, Boots, Pharrell, Justin Timberlake, dan masih banyak lagi. Productionnya sih menarik. Dan pastinya yang maen instrumennya juga bejibun kaya di pasar tumpah. Untuk songwriting, Beyonce banyak banget masukin penulis lagu. Ramenya kaya ada saweran komplek. Tapi, semua songwriternya hebat dan berkelas pula. Sia, Beyonce sendiri, Jay Z, Boots ( ini bukan Boots nya Dora yah), Timberlake, Pharrell, Frank Ocean, Miguel, Noel Fisher, Timbaland, Ryan Tedder dan masih banyak lagi. Saking banyaknya kenapa engga bikin grup orkes aja. Haha just kidding.



Beda lagi ama Beck. Dia NGEJOMBLO di album ini. Artinya, dia nulis lagu ini semuanya, produksi lagu ini semuanya seorang diri!. Dia juga maen banyak instrumen di album ini. Gitar,kecrekan, kalimba, keyboard, grand piano, organ, harmonika banyak banget sampe banyak alat musik yang saya gatau. Jujur, menurut saya, poin disinilah yang bikin dia pantes menang Grammy. Gilak! Seorang diri nulis 13 lagu!. Penyanyi jaman skrg langka banget yang nulis semua lagunya sendiri tanpa bantuan siapa pun. Jujur, kalo saya jadi Beck mungkin saya udah banyak minum tolak angin saking eneknya nulis lagu sendirian. Applause for Beck!


4.Sales and Promotion

Hands up for Bey!. Album Beyonce sukses berat di pasaran!. Album ini jadi the best selling of first week buat female singer di tahun 2013! Congrats Beyonce. Point plusnya, Beyonce sama sekali ga adain promo buat album ini. Setiap artis kan pastinya kalo mau ngerilis album minimal sebulan sebelumny adain promo gede2an kan? Single dirilis, promo interview sana sini. And hal ini ga berlaku buat Queen-Bey. Di pertengahan desember 2013 tanpa ada angin badai kentut atau topan tiba2 Bey ngerilis album ini dan hari itu heboh banget di Twitter. Semua penyanyi juga ngerespon kaget dan baik buat album ini dan banyak yg muji Beyonce. Album ini pun muncak di posisi #1 Billboard Hot 200 loh!.


Untuk Beck, jujur saya dulu gatau kalo Beck ngerilis album ini. Dan saya pun gatau Beck siapa n cuma sekedar tau nama doang. Yang saya tau, album ini muncak di posisi #3 di Billboard Hot 200.


Nah, sekarang udah tau kan? Beyonce atau Beck punya kelebihan masing2. Buat urusan Grammy, yah itu menang tergantung jurinya juga sih dan banyak penilaian dari berbagai aspek. Yang jelas, bukan juri Dangdut Academy. Tapi, baik Beck ato Beyonce sama2 sukses ko di Grammy kemaren! Bey dapet 3 piala, Beck dapet 2 piala dan saya dapet piala RT juara lomba tarik tambang.


Sekian Wassalam 

No comments:

Post a Comment