MY INTEREST VIDEO

Wednesday 30 October 2013

Review Album : Katy Perry - PRISM

Hallo apa kabar? Kita langsung cuss aja yah !


PRISM atau artinya PRISMA. Yang saya tau dari pelajaran fisika, Prisma itu salah satu alat optik yang memancarkan pelangi ketika terkena cahaya, jadi ketika cahaya masuk, bakal ada pelangi tuh keluar. Bener ga? forget about it. because i'm not physics expert. Hehehe ^.^

Finally, setelah 3 tahun menunggu ( dari tahun 2010 ) katycats bisa bernafas lega nih!. Yang mereka tunggu, sebuah karya besar Katy Perry, berjudul PRISM, akhirnya dirilis pada tanggal 22-10-13. Katy mungkin pernah bilang kalau albumnya bakal bernuansa gelap. Tapi akhirnya keputusannya rubah. Katy named it PRISM because she wanted to let the light in herself. Dia pengen keluar dari bayang-bayang masa lalu kelamnya, perceraian dan sebagainya. menuju cahaya baru melalui sebuah prisma (?).

Setelah heboh promosi besar-besaran album PRISM ini, dimulai dari truck emas, contest Roar, performance Roar dengan ring tinju, seed paper yang ada di album. Akhirnya saya bisa mendengar apa isi PRISM ini yang Katy bilang kalau album ini more raw, stripped down and more mature than her previous one (re: Teenage Dream). Penasaran? yuk kita simak !

Song Review 

Album ini masih diproduseri sama pop master yang sebelumnya work bareng Katy. Dr Luke, Max Martin, Cirkut, Stargate, Benny Blanco and Greg Wells. Plus collaborator baru with Klas Ahlund, Greg Kurstin and Bloodshy.

Keseluruhan, album ini masih diisi track pop khas Katy Perry. With influenced dance, power pop, hip hop, indie pop, dream pop, dan rock. Kebanyakan, track di album ini bernuansa swedish-pop music. Ya iyalah. liat aja orang produsernya hampir orang Swedia semua :D.

Album dibukai (?) oleh track power-pop rock dan juga single pertama berjudul Roar. kalau kata saya, lagu ini mirip feelnya dengan Firework. arti lagunya seputar self-empowerment. Musicnya beda banget ama lagu Katy kebanyakan, meski masih generic dan radio-friendly.

Track no2 berjudul Legendary Lovers. liriknya sih rada-rada kaya dongeng gitu. musiknya sendiri seputar slow-tempo dance dicampur dengan music Bollywood. Kalau denger bridge lagunya, entar ada instrumen india nya loh! mungkin kedenger dangdut :D. selanjutnya ada Birthday, yang kata Katy sebuah lagu to pay-tribute for Mariah Carey debut album. kedengerannya sih music music 90's dan r&b. salah satu favorite saya juga nih !.

Walking On Air mungkin track paling upbeat di album ini. dance, deephouse dan bikin goyang badan deh !. musically, lagu ini berinfluence disco 90's dan swedish dance music. next ada Unconditionally, first ballad of this album. salah satu track favorite Katy. bercerita tentang cinta tanpa syarat dan terinspirasi dari pacarnya, John Mayer. sumpah deh ! jujur saya suka banget ama lagu ini. maknanya dalem banget. Lagu ini jadi second single setelah Roar. lalu ada Dark Horse, track hip hop featuring Juicy J

Next ada dua track upbeat and party-feels. This Is How We Do dan International Smile. 'How' mungkin kelanjutan dari Last Friday Night. lagu ini cocok banget buat cewek-cewek yang suka party dan belanja. sementara 'Smile' berkisar pop rock yang terinspirasi dari teman Katy, Mia Moretti. seorang international DJ.

Nah, mulai dari track 9 sampe abis. semua lagunya bertempo sedang dan lambat serta ballad. Ghost mungkin lagu yang paling gloomy, dark, dan frontal. Karena lagu ini mengisahkan perceraian Katy with Russel Brand. terus ada Love Me. track dance ballad bertempo sedang yang diproduseri oleh Bloodshy. nah, kalau This Moment sebenernya hampir mirip Firework meskipun beda genre. lagu ini 90's feel dengan sedikit synth jadul di beberapa bagian.

Double Rainbow mungkin track dream pop ballad yang paling berbeda di album ini. ditulis sama Sia Furler. hippie, breezy, chilling. meskipun lagu ini bertempo lambat. tapi maknanya mantep banget. jadi di lagu ini Katy bercerita kalau kita ga boleh nyia-nyiain cinta kita. hmmm inspired from John maybe?

track terakhir di versi standard album ini adalah By the Grace of God. sebuah piano ballad manis. lagu ini lagu yang paling sedih dan personal buat Katy. lagu ini sedikit ngingetin kita ke masa Katy Hudson.

and then ada 3 bonus track buat versi deluxe. semuanya ballad. Spiritual terdengar seperti versi baru dari Madonna - Frozen di mix dengan Alanis Morissete. itu kata orang banyak -_-. lagu ini ditulis Katy bareng John Mayer. lalu ada It Takes Two, sebuah power ballad dimix dengan beat r&b dan piano. terakhir ada Choose Your Battle. ballad yang dramatik dengan powerful drum.

Dilihat dari keseluruhan. saya rasa album ini bener-bener mature banget buat gaya musik Katy. banyak yang bilang album ini boring dan membosankan karena kebanyakan lagunya terdengar sama dan ballad. Menurut saya, orang menyukai lagu ballad dan slow itu relatif. Malah kedengeran bahwa si artis ini sudah mulai serius bermusik. No matter what the peoples said about this album, PRISM is gonna be one of Katy's next big thing :)

Tracklist
Roar
Legendary Lovers
Birthday
Walking On Air
Unconditionally
Dark Horse (feat Juicy J)
This Is How We Do
International Smile
Ghost
Love Me
This Moment
Double Rainbow
By the Grace of God
Spiritual
It Takes Two
Choose Your Battles

Recomended/Track should be single
Roar, Unconditionally, Birthday, Legendary Lovers, This Is How We Do, Ghost, Double Rainbow, It Takes Two.

1 comment:

  1. saya paling suka International Smile :D

    ReplyDelete