MY INTEREST VIDEO

Sunday 8 February 2015

Review Album : Taylor Swift - 1989

Halo semua! Kali ini saya bakal ngeripiu album terbaru si neng cantik Taylor Swift yang berjudul 1989.

An official pop documentary. That was she said about this album pas pertama kali ngumumin di Yahoo. Yah, Taylor have to say goodbye ke country music. Dan ini emang bener. Album ini pure pop banget. No country sama sekali. Orang yang bertanggung jawab besar ke album ini adalah Max Martin ( produser Katy Perry, Britney), Ryan Tedder ( Vokalis OneRepublic ), dan Jack Anthonoff ( personil Fun.) serta nama2 gede lainnya seperti Imogen Heap, Nathan Chapman, Shellback dll. Album ini masih berdasarkan kehidupan (cinta) Tay sih, putus, jatuh cinta, pertemanan, haters. Intinya sih yah tentang cinta. Nah, satu hal yang saya suka dari album Cita Citata Taylor adalah cover albumnya. Ya, covernya cocok banget ama judul albumnya 1989. Cuma dengan modal poto polaroid kaya pas foto ktp kelurahan dengan tulisan spidol papan tulis. It bring back some 80’s feel. And itu cocok banget temanya. Thumbs up deh for Taylor.

Untuk urusan sales album ini, jangan ditanya deh. Sukseszberatzgilaak. Iya, album ini terjual 1 juta copy di US di minggu pertamanya. Angka fantastis kan? Dan sekarang penjualannya ampir nyentuh 7 juta kopi. Wow Congratz for u girl!. Dan jangn ditanya lagi, album ini debut no 1 di Billboard 200 dan bertahan selama beberapa minggu di no 1. Fantastizzz kan?


Songs

Welcome To New York. Sebuah track welcoming di album ini. Lagu ini berkisah tentang pandangan Taylor pas pindah pertama kali ke New York. Lagu ini meriah, beda banget ama musik Taylor. Justru lagu ini mirip Katy Perry atau Britney pas jaman cabe-cabean (muda). Lagu ini diproduseri Ryan Tedder dan banyak banget penggunaan synthesizer. Tapi, menurut saya mah lagu ini sedikit lemah di liriknya, seolah bukan Taylor Swift yang nulis. Tay kan terkenal banget yah karena liriknya yang penuh makna. Tapi dilagu ini engga keliatan. Dan lagu ini sedikit mendapat respon negatif dari kritikus yang bilang lagu ini lemah.

Nah, track ke2 Blank Space. Single kedua album ini menurut saya best track gatau kenapa saya juga. Suka aja gitu. Kebanyakan review professional juga bilang gitu. Lagu ini sih ceritanya tentang pandangan media tentang Taylor yang sering gonta ganti sabun pacar. Lagu ini sih menurut saya centil banget dan agak nakal. Tapi saya suka hahaha. Banyak yang bilang musiknya sih sedikit mirip Lorde. Electronic minimal gitu. Oh iya lagu ini juga jadi nomor 1 loh di US. Yeaay. Selanjutnya ada Style. Dari judulnya sih orang mengkonsumsi asumsi lagu ini tentang Harry Styles, mantan kabogohnya. Lagu ini dibuka dengan guitar-riff trus dilanjut ama synth yang riuh. Jujur, ini track favorit saya. Dan suka banget ama chorusnya itu loh. Seolah-olah di bagian chorusnya itu Taylor lagi nyanyi ke saya. Hahaha. Apasih.

Out of the Woods diproduseri Jack Anthonoff of fun. Lagu ini dramatis banget. Dan masih tentang bang Harry Panca Styles menurut saya. Di bagian chorusnya megah banget, dramatis seolah Taylor ngajak kita berpetualang di hutan. Iyalah orang judul lagunya aja tentang Hutan. Lagu ini full synth dan sedikit ngingetin saya ama lagu lagu synth jadul. Teyus ada lagu yang judulnya panjang, All You Had To Do Was Stay. It make me not impressed, tapi saya suka lagu ini karena Taylor centil banget di lagu ini apalagi pas neriakin “STAAAY”

Nih track ke6 boleh dibilang anthemnya Taylor, Shake It Off. Single pertama dari album ini sempet heboh dan debut di nomor 1 di US. Lagunya emang radio-friendly banget, apalagi beatnya yang ngajak kita pengen joged. Tapi bukan joged dangdud yah. Taylor pas bgt milih lagu ini as lead single karena yang emng gampang dihapal liriknya. Saya pertama kali denger sih suka banget n karena kaget gitu, loooh!? Ini Taylor. Tapi lama2 bosen juga denger lagu ini di radio. Kekurangan di lagu ini sih menurut saya liriknya yang mungkin Taylor lagi males nulis lirik kali yah.

Lanjut ke Track no 7, I Wish You Would. Lagu yang diproduseri Jack Anthonoff ini kurang nempel di saya. And it’s one of forgettable track of this album. Tapi saya suka pas part Taylor nyanyi “ i, i, i, i wish i wish i” centil banget sumpah. Terus nih ada lagu yang sempet heboh cause rumornya sih ini tentang broken-friendship with Katy Perry, Bad Blood. Dari lagunya sih, full of synthesizer n menurut saya udah pas banget, tapi sedikit lemah. Apalagi di liriknya. Justru kesannya Taylor Swift bikin lagu ini buat mantan pacar, bukan buat mantan sahabat. Nah, ini salah satu lagu favorit saya, Wildest Dreams. Pertama kali denger sih, ini lagu mirip banget ama lagu2nya Lana Del Rey, but with happy atmospheric. Ada banyak faktor yang bikin saya suka ama lagu ballad ini. Liriknya... well tbh nakal banget dan centil. Terus juga di lagu ini kalo kamu denger suara detak jantung, itu detak jantungnya Taylor loh! Ga percaya? Coba tanya dokter jantungnya Taylor. Haha boong dek. Kalian bisa lihat di booklet album. Terus part yang paling saya suka pas di chorusnya pas Tay nyanyi “ in your wildest dreams, aah, aah” sumpah desahannya itu gakuat merdunya. Wkwk

Di nomor 10 diisi track berjudul How You Get the Girl. It didn’t impressed me so much. Nah kalo This Love ini nih banyak yang suka. Iya, karena banyak yang bilang ini Taylor banget, meskipun sama sekali ga ada unsur country. Ballad yg diiringi acoustic guitar ama synth ini bercerita tentang cinta dan liriknya menurut saya paling dalem di album ini.

I Know Places, a dark and gloomy song. Lagu ini saya suka karena liriknya yang bagus. Intinya sih tentang paparazzi. Tapi Tay menginterpretasikannya seolah Tay itu rubah dan paps itu pemburu. Dari lagunya sih mirip ama OneRepublic gitu. Nah masuk ke track penutup yaitu Clean. Saya suka banget ama lagu ini, karena liriknya juga dalem dan sampai sekarang saya ga ngerti maksud dari lagu ini. Diproduseri Imogen Heap, lagu ini sedikit mengarah ke alternative electronic ala ala Imogen. Coba deh kamu denger lagu ini pas ujan-ujan. Beuh pas banget apalagi denger chorusnya yang emng tentang ujan. Coba deh denger lagu ini sambil liat foto yang Taylor Swift pernah share dari tumblr orang. Linknya disini. Cocok banget yah ?

Well, i have that 1989 it’s a great album. Untuk Taylor Swift yang nyoba ke ranah barunya dan out of comfort zone sih ini udah bagus banget malah. Mungkin kekurangannya cuma dari liriknya aja kali yah?. I dont know. Decision it’s all yours. 

Okay, akhir kata, Thanks for read ^^


Wassalam

Tracklist
 

No comments:

Post a Comment